Senin, 11 Agustus 2014

LOWONGAN CPNS 2014 KEMENKEU dan SYARAT PENDAFTARAN ONLINE

http://latihancatcpns.com/?reg=t-tgr

Pendaftaran CASN CPNS 2014 KEMENKEU--Penerimaan CPNS 2014 tinggal di depan mata, karena akan segera diumumkan formasinya oleh panitia seleksi nasional (Panselnas). Berdasarkan pantauan Pewartaekbis, terdapat 3 instansi PNS yang menjadi favorit para pendaftar karena dianggap memiliki gaji tertinggi di antara instansi lainnya.


1. Kementrian Keuangan (Kemenkeu)

Instansi favorit pertama adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kementerian Keuangan (Kemenkeu), karena memiliki gaji paling besar di antara instansi PNS lain.

Pada dasarnya, Herman Suryatman mengatakan selaku Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB), gaji pokok PNS Kemenkeu sama dengan gaji pokok PNS lain, yang membedakan adalah besaran tunjangan.

Dijelaskan, berdasarkan peraturan Kemenkeu No.289/KMK.01/02007, PNS di Kemenkeu mendapatkan tunjangan khusus pembinaan keuangan negara (TKPKN). TKPKN paling besar tentu saja didapatkan oleh pejabat kementrian tingkat eselon I atau golongan IV/e yaitu Rp46,95 juta setiap bulan. Sementara itu, gaji terendah yang diperoleh PNS instansi keuangan negara ini sebesar Rp1,3 juta untuk golongan I/a.

“Kalau S1 kan golongan III/a, di TKPKNn-ya sekitar Rp3-10 juta,” kata Herman, beberapa waktu yang lalu.

Menurut Herman, Kepmen Keuangan Nomor 164/KMK.03/2007 juga mengatur bahwa khusus pegawai pajak Kementerian Keuangan, masih mendapatkan tambahan Tunjangan Kegiatan Tambahan (TKT).

“Saya lupa golongan-golongannya. Tapi kalau terbesarnya Rp20 juta, terendahnya Rp2,6 juta. Dia juga punya tunjangan Imbalan Prestasi Kinerja (IPK) sekitar Rp1,5 juta,” tambahnya.

2. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)

Selain Kemenkeu, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Mahkamah Agung (MA) jmerupakan dua instansi dengan gaji PNS tertinggi berikutnya.

Herman mengemukakan alasan tingginya gaji pejabat di BPK, yaitu karena reformasi birokrasi di dalamnyanya sudah mencapai 100%. Oleh karena itu, ada tunjangan yang disebut Tunjangan Khusus Pembinaan Kegiatan (TKPK) yang didapat PNS BPK.

“Ada Tunjangan Khusus Pembinaan Kegiatan (TKPK) terbesarnya Rp35,21 juta, terendahnya Rp1,23 juta,” imbuh Herman.

Sedangkan untuk MA, Herman mengatakan MA juga telah mencapai reformasi birokrasi seperti BPK dan Kemenkeu, sehingga PNS-nya punya gaji yang cukup tinggi.

“Kalau MA saya belum baca. Tapi capaian reformasi birokrasinya itu sudah 100% juga seperti BPK dan Kemenkeu,” tambahnya.

Sehingga dapat disimpulkan, tingginya gaji serta tunjangan di dalam ketiga instansi tersebut karena Kemenkeu, BPK dan MA sudah mampu menjadi pilot project reformasi birokrasi yang diprogramkan pemerintah.

“Makanya 3 lembaga ini jadi pilot project reformasi birokrasi lembaga 2010-2014,” tutupnya.