Selasa, 26 Agustus 2014

TES PSIKOLOGI KEMENKEU CPNS 2014

Formasi Pendaftaran CPNS 2014 KEMENKEU--Kemenkeu LaksanakanTes Psikologi Lanjutan - Kementerian Keuangan dalam proses seleksi CPNS 2014 rencana akan menggelar serangkaian test untuk para pelamar kerja yang terpilih. Tujuannya untuk mendapatkan tenaga baru yang benar-benar berkwalitas dan punya dedikasi tinggi.


Rangkaian test yang digelar Menkeu antara lain Tes Kemampuan Dasar (TKD ) kemudian dilanjutkan Tes Kompetensi Bidang (TKB ) setelah keduanya dinyatakan lulus. Peserta harus menjalani tes kesehatan.


Dalam proses seleksi nantinya peserta akan dihadapkan dengan serangkaian tes khusus. Tes khusus tersebut juga dibagi atas beberapa tahapan. Dengan tujuan tertentu pada setiap tes. Tahap awal adalah tes psikologi lanjutan. Tes ini nanti akan disertakan pada bagian Tes Kompetensi Bidang.


Tujuan digelar tes psikologi lanjutan adalah untuk menguji peserta mengenai intregritas kerja dan kemampuan dalam hal manajerial dan kepemimpinan. Hal ini merupakan kebutuhan wajib di lingkungan kerja Kementerian Keuangan.


Sedangkan tujuan diadakan tes kesehatan bagi calon pelamar adalah untuk menjaring tenaga baru yang punya kwalitas kesehatan prima, termasuk menghindari calon pelamar yang pencandu narkoba.


Di samping itu juga ada tes wawancara, yang akan menguji kemampuan langsung para calon. Namun, untuk wawancara hanya diikuti oleh golongan 3. Sedangkan formasi golongan 1 dan 2 cukup mengikuti sampai tes seleksi kesehatan.


Sebagaimana dikabarkan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, pada pendaftaran CPNS 2014 ini, membutuhkan 9000 orang tenaga baru untuk disebar di seluruh lingkungan Kemenkeu di Indonesia. Batas akhir pendaftaran CPNS 2014 diundur hingga tanggal 7 September mendatang, masih ada cukup waktu tersisa bagi calon pelamar mempersiapkan berkas yang dibutuhkan.