Kamis, 18 September 2014

Pendaftaran Praja IPDN NTT Dibuka 71 Formasi

Pendaftaran Praja IPDN NTT--Provinsi NTT mendapat jatah 71 orang untuk calon praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) tahun 2014. Saat ini Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi NTT sedang melakukan seleksi pada tahapan tes kesehatan.

 

Kepala BKD NTT, Emanuel Kara kepada Pos Kupang di sela-sela pendaftaran calon praja IPDN di Kantor BKD NTT, Selasa (16/9/2014) mengatakan, dari 324 peserta yang lolos seleksi administrasi dan mengikuti tes Psikologi hanya 140 orang yang dinyatakan lolos untuk mengikuti tes kesehatan selama tiga hari mulai tanggal 17-19 September."Setelah tes kesehatan, semua peserta akan mengikuti penentuan terakhir di IPDN Jati Nangor," jelasnya.

 

Bagi peserta Pendaftaran Praja IPDN NTT yang lulus tes kesehatan lanjut Kara, akan mengikuti tes kemampuan dasar (TKD) dengan system Computer Asisted Test (CAT) layaknya tes CPNS.

 

"Biaya psikotes Rp 450 ribu/peserta ditentukan dari pusat. Untuk tes kesehatan dan samapta, Rp 1.100.000/peserta ditentukan Rumah Sakit Bhayangkara (RSB)," jelasnya.

 

Kara mengakui, informasi penerimaan praja IPDN sangat terbatas. Akibatnya peserta yang mendaftar dan lebih banyak peserta berasal dari Kota Kupang. Padahal dengan system CAT di tahun ini, semua peserta memiliki peluang yang sama untuk menjadi praja IPDN.

 

Dia berjanji Pendaftaran Praja IPDN NTT akan mengingatkan panitia tes kesehatan agar tidak terjadi lagi kasus serupa dengan Casis Polwan yang hamil tapi lolos seleksi.

 

"Tidak ada jatah anak pejabat,Pendaftaran Praja IPDN NTT  tahun-tahun sebelumnya mungkin saja tetapi sekarang bukan lagi jatah pejabat, karena sistem CAT ini memberi peluang untuk semua," katanya. Seraya menambahkan, untuk TKDakan digelar di Kampus Politeknik Negeri Kupang tanggal 27-29 September 2014.

 

Pantauan Pos Kupang, Rabu (17/09), 140 calon praja IPDN dari seluruh wilayah NTT menjalani tes kesehatan di RS Bhayangkara Kupang. Para siswa tanpak serius mengikuti jalannya proses tes kesehatan oleh tim dokter dan tenaga medis rumah sakit tersebut. Proses tes kesehatan berlangsung di ruang terbuka.

 

Dalam tes kesehatan Pendaftaran Praja IPDN NTT tersebut, para calon praja diperiksa kesehatan baik menyangkut kesehatan mata, mulut, telinga, pemeriksaan tinggi dan berat badan. Juga pemeriksaan darah dan berbagai bentuk pemeriksaan kesehatan lainnya.

 

Dua calon praja IPDN yakni Vera Kaho (alumni SMA Negeri 3 Kupang) dan Vista Ratu Kitu (alumni SMA Mercusuar Kupang), ketika ditanya wartawan secara terpisah mengatakan, mereka berusaha mengikuti setiap tahapan seleksi termasuk dalam tes kesehatan. (roy/mar)